Kamis, 07 Februari 2013

Arti Pergerakan Mata dan Pengaplikasiannya


  • Pergerakan mata menunjukan apa yang sedang dipikirkan oleh orang tersebut, pergerakan mata cenderung terjadi secara refleks, namun pada beberapa orang yang sudah mengerti arti pergerakan mata dan sudah merencanakan kebohongan, hal ini dapat dimanipulasi olehnya, pergerakan mata bisa bergerak ke
    1. Kanan atas
    2. Kiri atas
    3. Kanan tengah
    4. Kiri tengah
    5. Kanan bawah
    6. Kiri bawah
  • Adanya sumbu vertikal dan horizontal masing masing menjelaskan ke arah manakah pikiran kita
    • Kanan : Hal ini menunjukan bahwa otak kreatif kita berkerja untuk membayangkan, mencari tahu, atau berpikir mengenai hal yang belum pernah ada di masa lalu, ataupun merekayasanya. Oleh karena itu pergerakan ke kanan bisa mengindikasikan bahwa seseorang berpikir untuk mencari jawaban yang baru, bukan yang sebelumnya pernah terjadi di masa lalunya.
    • Kiri : Hal ini menunjukan bahwa otak berkerja untuk mengingat hal yang pernah terjadi di masa lalu kita, pengalaman kita, sesuatu yang ada di dalam memori kita, sehingga pada saat kita berpikir mengenai sejarah atau menyelesaikan persoalan dan rumus matematika, kita cenderung akan mengarahkan ke kiri.
    • Atas : Pergerakan ke atas identik dengan adanya pikiran untuk mengingat kejadian yang terjadi ataupun ingatan yang ada didalam memori kita
    • Tengah : Hal ini berkaitan dengan Audio atau pendengaran kita
    • Bawah : Hal ini berkaitan dengan perasaan atau afektif kita terhadap orang lain
    Oleh karena itu dapat dikaitkan bahwa :
    • Mata bergerak ke Kanan atas : bahwa orang tersebut sedang memikirkan ide ide baru dalam pikirannya, jika dikaitkan dengan berbohong maka contohnya adalah seperti ini : A: "Darimana saja kamu jam segini baru datang ?" B : "Dari taman kota, kemudian belanja di sekitar outlet disana"( menjawab dengan pandangan mata ke arah kanan atas) maka hal ini dapat mengindikasikan bahwa orang ini cenderung berbohong karena dia berusaha mencari jawaban kreatif atas jawaban dari pertanyaan itu.
    • Mata bergerak ke kiri atas : bahwa orang tersebut sedang mengingat kejadian apa yang ada di memori ataupun masa lalunya, jika dikaitkan dengan berbohong maka orang yang menjawab dengan melihat ke kiri atas cenderung jujur karena berusaha mengingat kejadian di memorinya dan yang benar benar terjadi.
    • Mata bergerak ke kiri tengah : Kita akan cenderung melihat ke kiri tengah jika kita berusaha mengingat bagaimana suara dari gajah, harimau, elang, dsb. Hal ini berkaitan dengan bagaimana kita mengingat ingatan suara dari sesuatu di dalam memori kita
    • Mata bergerak ke kiri bawah : Kita akan cenderung merasakan perasaan apa yang ada di diri kita terhadap seseorang , apakah kita mencintai dirinya atau tidak, pada saat berpikir seperti ini kita akan cenderung melihat ke arah kiri bawah.
    Hal diatas tersebut bukan satu satunya indikator pasti, namun harus juga didukung oleh pergerakan tangah, bahu, kepalan tangan, ataupun mikro ekspresi yang terjadi didalam wajah seseorang.

    Sumber: http://id.shvoong.com/

    0 komentar:

    Posting Komentar